121 Desa di Bangkalan Gelar Pilkades Serentak 3 Mei 2023

Plt Bupati Bangkalan Mohni (santrinews.com/istimewa)

BANGKALAN – Sebanyak 121 desa di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada 3 Mei 2023 mendatang. Masyarakat diimbau bersikap dewasa dalam menghadapi pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Plt Bupati Bangkalan Mohni meminta masyarakat berpolitik secara dewasa dengan mengutamakan sportivitas dan rasa persaudaraan yang tinggi.

“Silahkan berkompetisi dengan baik dan sehat,” kata Mohni di Bangkalan, Kamis 16 Februari 2023.

Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) tahap II sudah dibuka sejak 15-27 Februari 2023.

“Kita buka pendaftaran Bacakades sampai tanggal 27 (Februari),” ujarnya.

Mohni mengingatkan soal sensitifitas dukungan antar warga kepada calon masing-masing. Sehingga, masyarakat harus menjaga akal sehat dan nurani dalam menghadapi berbagai situasi politik desa.

Pasalnya, kata Mohni, pada momentum Pilkades biasa ada segelintir orang yang menciptakan suasana kurang elok dan mengganggu kondusifitas masyarakat.

“Kalau dulu istilahnya petaruh, kalau sekarang mungkin suporter,” tegasnya.

Ia mempersilakan masyarakat memberikan dukungan kepada calon yang disukai. Namun, harus dilakukan secara dewasa tanpa mengundang kegaduha apalagi memancing permusuhan.

“Dukungan itu bagus jika dalam kondisi baik- baik, yang dikhawatirkan adanya gesekan, jadi harapan kami gesekan itu bisa dihindari,” tandasnya.

Mohni juga mengingatkan Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (P2KD) agar menjaga netralitas selama pelaksanaan Pilkades. Ia tak ingin mendengar pihak penyelenggara kepergok melakukan kecurangan untuk memenangkan salah seorang calon.

“P2KD hendaknya bekerja jujur dan adil mulai tahap awal pendaftaran, pencacahan sampai pelaksanaan,” pungkasnya. (has/des)

Terkait

WARTA Lainnya

SantriNews Network